Home | Iptek | Warga Menggunakan Ubuntu Rasa Apa ?

Warga Menggunakan Ubuntu Rasa Apa ?

Linux Ubuntu adalah salah satu distro / varian Operating System (OS) Linux yang bisa dibilang paling aktif melakukan pengembangan dan mendistribusikan produknya di dunia. Beberapa tahun lalu, penulis 2 kali minta dikirim paket Linux Ubuntu dari website mereka dan 2 kali juga dikirim gratis paket Linux Ubuntu langsung dari Canonical Ltd. Tak hanya satu keping CD, namun dua “rasa” Ubuntu. Gnome dan KDE.

Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Linux Debian atau dengan kata lain, Linux Ubuntu ini adalah salah satu turunan atau varian Linux Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Sedangkan nama “Ubuntu” yang gunakan oleh Canonical Ltd. sebagai pengagasnya berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Hal itu kemudian menjadi filosofi yang mendasari tujuan distribusi Linux Ubuntu ke seluruh dunia.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas sukarelawan maupun tenaga ahli profesional.  Gagasannya besarnya sesuai filosofi kata “Ubuntu” : bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Paket untuk PC desktop maupun Notebook Ubuntu terdiri aplikasi Ofiice Suite, browser, email, multimedia, media sosial, dan desain grafis. Aplikasi lainnya bisa kita install menyusul. Versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Menariknya, Ubuntu bisa dikatakan distro Linux yang menyediakan banyak “rasa”, istilah rasa di sini menunjuk beragam versi desktop yang disediakan. Selain membedakan tampilan satu dengan lainnya, desktop ini juga ada yang menunjuk spesifikasi / modifikasi khusus Ubuntu itu sendiri. Kalau menggunakan bahasa smartphone, desktop ini kurang lebih sama dengan Launcher.

Ubuntu Gnome & Unity

Awal rilisnya, Ubuntu menggunakan desktop Gnome namun seiring berjalannya waktu, Ubuntu membuat dekstopnya sendiri yang dinamai “Unity”

Ubuntu Gnome

Ubuntu Unity

Ubuntu KDE ( K Desktop Environment) atau Kubuntu

Ubuntu KDE / Kubuntu

Ubuntu Budgie

Ubuntu Budgie

Ubuntu Mate

Ubuntu Mate

Ubuntu LXDE / Lubuntu

Ubuntu LXDE / Lubuntu

Ubuntu XFace / Xubuntu

Ubuntu XFace / Xubuntu

Ubuntu Studio

Ubuntu studio ini dirancang khusus untuk menunjang aktifitas kreatif seputar dunia Audio, Graphics, Video, Photography dan Publishing.

Ubuntu Studio

Ubuntu Education (Edubuntu)

Ubuntu ini didesain sebagai Linux yang berorientasi pada pendidikan, mulai umur 2 tahun, all ages saya kira.

Edubuntu

Cukup banyak bukan ? Sebetulnya masih ada dua rasa lagi, yaitu MythBuntu dan Ubuntu Kylin. Warga suka yang mana atau sudah menggunakan yang mana ? Saya sendiri menggunakan Ubuntu Unity, KDE, Budgie dan Mate sekaligus dalam 1 PC dalam partisi harddisk yang terpisah. Kalau mau, install salah satu Ubuntu, kemudian install desktop lainnya di Ubuntu yang sama maka setiap saat warga bisa berganti desktop dengan mudah tanpa perlu menginstall Ubuntu lainnya. Selamat mencoba.