Home | Iptek | Kominfo Usul ‘Pelapor Tepercaya’ Konten YouTube Diberi ke 3 Lembaga

Kominfo Usul ‘Pelapor Tepercaya’ Konten YouTube Diberi ke 3 Lembaga

Google dan YouTube menjanjikan bakal membuka fitur Trusted Flagger di Indonesia sebagai upaya mengatasi konten negatif, termasuk radikalisme dan terorisme, yang ada di situs berbagi video tersebut. Janji ini telah diucapkan YouTube kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan lembaga yang dipimpin oleh menteri Rudiantara itu mengusulkan agar fitur Trusted Flagger itu diberi kepada tiga organisasi yang telah diakui memiliki kredibilitas dalam memantau konten negatif.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, penetapan sebuah konten harus dihapus atau tidak di YouTube, bakal berada di tangan Kemkominfo. Tetapi dalam mengambil keputusan itu, Rudiantara berkata akan meminta saran dari organisasi kemasyarakatan.

Dalam hal Trusted Flagger ini, Rudiantara mengusulkan agar juga diberi kepada organisasi Wahid Institute, ICT Watch, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). “Koordinasi ini, pemerintah dengan beberapa pihak, untuk membuat tidak ada orang yang bisa menyalahgunakan flag itu untuk kepentingan tertentu. Ini untuk benar benar kepentingan negara dan bangsa,” kata Rudiantara dalam jumpa pers di Kemkominfo, Jumat (4/8).

Sumber : Kumparan